MAKALAH TES DAN PENGUKURAN EVALUASI PENJASKES




EVALUASI PENJASKES
TES DAN PENGUKURAN













DISUSUN OLEH

FERDIANSYAH                                                                               1313051034
FITRA WIJAYA                                                                                1313051040
IWAN BUDIANTO                                                                          1313051048
RIDWAN DWI SAPUTRA                                                              1313051062



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2016




Kata pengantar

Puji syukur atas khadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia – Nya yang dilimpahkan kepada penulis , sehingga dapat menyelesaikan makalh ini.
Materi yang penulis ringkas mengenai “Tes dan Pengukuran
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.      Bapak Drs. Surisman, M.Pd selaku dosen peMbimbing mata kuliah Evaluasi
2.      Serta kepada semua rekan yang telah membantu dan mendukung menyelesaikan pembuatan makalah
Jika dalam penulisan makalah terdapat berbagai kesalahan dan kekurangan dalam penulisan, maka kepada para pembaca , penulis memohon maaf sebesar – besarnya atas koreksi – koreksi yang telah dilakukan. Hal tersebut semata – mata agar menjadi seatu evaluasi dalam pembuatan makalah lainnya.


        Bandar Lampung, 14 Januari 2016


         Penulis




DAFTAR ISI


HALAMAN DEPAN...................................................................................... ........ i
KATA PENGANTAR..................................................................................... ........ ii
DAFTAR ISI................................................................................................... ........ iii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... ........ 1
A.    Latar belakang...................................................................................... ........ 1 
B.    Tujuan................................................................................................... ........ 1 
C.     Manfaat ............................................................................................... ........ 1

BAB II PEMBAHASAN................................................................................ ........ 2
A.    Pengertian tes dan pegukuran............................................................... ........ 2 
B.     Pandangan tes dan pengukuran............................................................ ........ 2 
C.     Kegunaan Tes dan Pengukuran............................................................ ........ 3 
D.    Kebutuhan tes dan pengukuran dalam penilaian.................................. ........ 4
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan .......................................................................................... ........ 7 
B.     Saran .................................................................................................... ........ 7
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN 




BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar belakang
Tes dan pengukuran adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam melakukan penilaian, penilaian membutuhkan yang namanya data untuk menghasilkan penilaian yang obyektif
Tes dan pengukuran membutuhkan alat alat dalam pengukuran, bayangkan bila tidak alat pengukura. Kemungkinan kemajuan kemajuan dalam segala bidang akan terlambat dan tidak  mempunyai sasaran yang tepat.
Dengan adanya tes dan pengukuran, segala program dibidang apa saja dapat di kontrol dan di evaluasi.
Tes dan pengukuran juga merupakan bagian yang intergraldalam hasil belajar siswa. Tes dan pengukuran yang dilakukan dalam bidang keolahragaan dan pendidikan harus dapat mendasarkan diri
Banyak alas an menggunakan tes dan pengukuran dalam proses penilaian

B.     Tujuan
1.      Mengerti tentang tes dan pengukuran
2.      Memahami tes dan pengukuran

C.     Manfaat
1.      Dapat menggunak tes dan pengukuran dalam bidang olahraga dan pendidikan
2.      Menjalankan evaluasi penilaian dengan mudah




BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian tes dan pegukuran
Pengertian tes secara umum adalah alat pengumpul data dan sebagai dasar penilaian dalam proses pendidikan, dalam bentuk tugas yang harus dikerjakan oleh siswa sehingga menghasilkan nilai tentang tingkah laku. Suatu tes adalah alat atau instrumen yang digunakan untuk memperoleh informasi tentang seseorang atau obyek. Melalui tes, pendidik dapat memperoleh informasi yang tepat mengenai keadaan anak didiknya, apabila ia berada pada kemampuan rendah, sedang atau tinggi. Sedangkan pengukuran merupakan proses pengumpulan data / informasi tentang individu maupun obyek tertentu.
Tes dan pengukuran merupakan kesatuan yang dapat dijadikan suatu bahasan yang lebih lengkap. Kata pengukuran memiliki banyak arti dan berbeda-beda penerapannya dalam pendidikan jasmani atau olahraga.
Tes adalah alat yang digunakan untuk mengukur beberapa performa dan untuk mengumpulkan data. Sebuah tes haruslah valid, yang berarti mengukur apa yang seharusnya diukur dan haruslah terpercaya, yang berarti dapat diulang berkali-kali. Pengukuran adalah skor kuantitatif yang berasal dari tes. Data yang diperoleh kemudian dievaluasi. Sedangkan evaluasi adalah prosesmenempatkan/pemberian  nilai, makna atau kelayakan pada data tersebut.

B.     Pandangan tes dan pengukuran
Tes dan pengukuran merupakan bagian yang intergral dari proses belajar siswa. Dengan melalui tes dan pengukuran kita akan memperoleh data yang obyektif, data yang obyektif ini akan memudahkan kita dalam memberikan penilaian
Untuk mendapatkan data yang obyektif dibutuhkan dibutuhkan para testor yang berpengalaman dan menguasai cara pengukuran untuk memperoleh data yang akurat .
Untuk mendapatkan data yang obyektif dan akurat dibutuhkan alat pengukuran yang sahih dan terandalkan
Pelaksanaan tes dan pengukuran akan berjalan dengan baik apabila ditunjang oleh pelaksana tes yang telah memiliki pengetahuan tentang tes dan pengukuran.
Pengukuran yang dilakukan dalam bidang pendidikan dan keolahragaan harus mendasar pada hal hal berikut ini :
1.      Pengukuran harus dilakukan untuk mencapai tujuan
2.      Metode pengukuran dalam bidang keolahragaan jangan hanya terbatas dengan tes, karena tes hanya salah satu bagian dari pengukuran
3.      Sapai seberapa jauh fungsi olahraga berperan dalam pembangunan nasional
4.      Tes dan pengukuran hendaknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman

C.     Kegunaan Tes dan Pengukuran
  1. Menentukan Status, didalam pendidikan adalah yang harus diperhatikan adalah perkembangan anak, maka seharusnya pembina atau guru olahraga mengetahui sampai dimana perkembagan itu terjadi. Untuk itu harus dilakukan pengukuranagar diketahui status pada suatu saat ataupun dari waktu ke waktu.
  2. Klasifikasi, disekolah biasanya klasifikasi keolahragaan berdasarkan tingkat kelas bukan berdasarkan kemampuan atau keterampilan anak. Kalau dipandang dari sudtut kematangan jasmaniahnya atau ketangkasannya mereka itu akan berbeda. Oleh karena itu pengelompokan hendaknya berdasarkan kemampuan umum ketangkasannya dan diatur sesuai dengan kemajuan pembelajarannya.
  3. Diagnosa dan Bimbingan, bimbingan dimaksudkan supaya setiap anak memperoleh jalan didalam menghadapi kesukaran-kesukaran yang dialami. Bimbingan mengharuskan adanya evaluasi tentang kapasitas dan kemampuan anak sehingga proses pengajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak.
  4. Motivasi, Achievment score/nilai dalam keolahragaan dapat menjadi perangsang bagi anak untuk berlatih lebih giat.
  5. Perbaikan mengajar, testing dan evaluasi adalah suatu bagian dari pengajaran mempunyai tempat yang tepat dalam program pengajaran. Tes harus ditempatkan pada bagian yang sudah dirancang pada tujuan pembelajaran sebelumnya sehingga nilai tes tersebut dapat digunakan sesuai dengan tujuan dari bahan pembelajaran yang disajikan.

D.    Kebutuhan tes dan pengukuran dalam penilaian
Dalam pengetesan dan pengukuran data dikumpulkan untuk interprestasi atau penilaian, dalam interprestasi dan penggunaanya banyak terdapat variasi dalam penerapannya.
Suatu hal yang lebih spesifik bahwa tes dapat digunakan untuk mengembangkan tujuan proses belajar, yang digunakan oleh guru dalam menentukan nilai, interpretasii program, administrasi, guru dan lain lain yang perlu dalam proses belajar dan mengajar
1.      Pengukuran obyektif dan subyektif
Penilaian dalam bidang olahraga dapat bersifat obyektif dan subyektif, dalam penilaian yang obyek tif derdasarkan kepada hasil pengukuran yang nyata, sedangkan penilaian yang bersifat subyektif ini dilakukan terhadap kualitatif performance atau kualitas penampilan.
2.      Fungsi Tes dan penguuran
Tes dan penguuran merupakan bagian intergral dari evaluasidalam kegiatan proses belajar dan mengajar. Pengukuran merupakan salah satu teknik evaluasi, khususnya dalam pengumpulan data . kegiatan pengumpulan datamerupakan suatu proses pengukuran
Mengacu pada penjelasan tersebut maka bahwa proses pendidikan diperlukan pengukuran yang obyektif
Berikut adalah fungsi dari pengukuran
a.       Mengadakan klasifikasi siswa
Untuk menentukan status siswa dam suatu pengelompokan dibutuhkan data yang obyektif, data yang obyektif ini di peroleh dari pengukuran. Para siswa dapat menentukan status mereka berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengukuran. penentuan status siswa kedalam suatu kelompok yang homogen akan membantu kemudahan dalam proses belajar dan mengajar
b.      Menetukan status siwa
menentukan status mereka berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengukuran. penentuan status siswa kedalam suatu kelompok yang homogen akan membantu kemudahan dalam proses belajar dan mengajar
c.       Menilai guru dan bahan
Dalam proses pendidikan upaya evaluasi terhadap efisien dan efektivitas proses pedidikan merupakan suatu keharusan. Dalam proses belajar dan mengajar guru merupakan subyek yang turut serta menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Faktor faktor yang harus diperhatikan dalam menilai kemajuan siswa antara lain:
1)      Kemampuan dalam pengalaman siswa
2)      Keadaan lingkungan dan pembawaan siswa
3)      Pengalaman guru yang mendidik
4)      Pelaksanaan kurikulum bidang studi
5)      Skap pelajaran bidang studi
d.      Alat pembantu dalam survey
Survey bertujuan untuk menentukan kenyataan dan keadaan menentukan status pada waktu itu. Dalam menetukan itu semua diperlukan data atau informasi yang diperoleh melalui proses pengukuran.
e.       Alat pembantu dalam penelitian
Untuk mendukung suatu hypothesis, diperlukan data dan fakta empirik. Data empirik ini dapat diperoleh melalui pengetesan dan pengukuran terhadap obyek yang diselidiki.




BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Tes dan pengukuran adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam melakukan penilaian, penilaian membutuhkan yang namanya data untuk menghasilkan penilaian yang obyektif
Tes dan pengukuran membutuhkan alat alat dalam pengukuran, bayangkan bila tidak alat pengukura. Kemungkinan kemajuan kemajuan dalam segala bidang akan terlambat dan tidak  mempunyai sasaran yang tepat.
Dengan adanya tes dan pengukuran, segala program dibidang apa saja dapat di kontrol dan di evaluasi.
Tes dan pengukuran juga merupakan bagian yang intergraldalam hasil belajar siswa. Tes dan pengukuran yang dilakukan dalam bidang keolahragaan dan pendidikan harus dapat mendasarkan diri

B.     Saran
1.      Melalui makalah ini, penulis berharap pembaca dapat memahami pengertian gerak, lagu, dan musik. Yang dapat di padukan menjadi sesutau yang yang baik
2.      Dalam mempelajari mata kuliah evaluasi kami juga sebagai penulis masih mempunyai banyak kekeliruan, dan kami juga masih perlu mempunyai literature



DAFTAR PUSTAKA


-          Surisman.,(2014)evaluasi penjaskes, universitas lampung
-          https://qomarabriel.wordpress.com/2013/02/12/tes-dan-pengukuran-olahraga/, di akses pada 12 januari 2016.






Komentar

  1. Blackjack, roulette, craps, casino, and dice,
    Casino. Gaming tables include Blackjack, Roulette, 양산 출장샵 Craps, The Borgata 광주 출장안마 and The Water Club all 여주 출장샵 offer 평택 출장안마 the lowest prices on any 보령 출장샵 table.

    BalasHapus

Posting Komentar